6 Manfaat Menjalani Terapi Bagi Penderita Stroke

By | June 30, 2020

Sering kali diantara orang-orang yang sudah pernah terkena serangan stroke pertama, maka kualitas hidupnya juga mengalami penurunan. Bahkan tak jarang diantaranya yang kemudian mengalami disabilitas. Dikarenakan memang mereka tidak melakukan terapi untuk mengembalikan kemampuan tubuh yang sudah mengalami penurunan tersebut, jadi kondisinya semakin lama semakin parah. Itulah mengapa dokter tidak hanya menganjurkan penderita stroke untuk sekedar menjalani pengobatan dalam bentuk pemakaian obat-obatan oral saja, melainkan juga terapi.

Terapi yang dilakukan ini nyatanya juga sangatlah beragam menyesuaikan dengan masalah atau kebutuhan pasien itu sendiri. Lalu apa sajakah diantara manfaat yang bisa didapatkan dari jenis terapi untuk mengobati stroke ini? berikut diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

1. Memperkuat otot tubuh pasien, seperti yang diketahui bahwa orang yang sudah terkena serangan stroke umumnya otot-otot pada bagian tubuhnya akan menjadi lemah, sehingga akan sulit digunakan untuk bergerak. Dengan adanya terapi khususnya adalah terapi fisik ini, maka ditujukan agar nantinya penderita stroke bisa memperkuat otot-ototnya kembali, meskipun tidak seperti sedia kala. Bahkan dengan adanya bantuan dari alat-alat tertentu juga akan semakin mendukung pemulihan, meskipun kondisinya sudah cukup parah.

2. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, serangan stroke ada dasarnya memang dapat memicu masalah yaitu gangguan saat berbicara, berbicara menjadi tidak jelas karena terjadinya kerusakan pada otot yang mengontrol kemampuan berbicara tersebut. Adanya terapi paling tidak bisa meningkatkan kemampuan pasien untuk berkomunikasi, meskipun tidak dengan jalan berbicara, namun ada alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk mempermudah komunikasi tersebut.

3. Melatih kemampuan kognitif, kemampuan kognitif juga akan terganggu ketika seseorang terserang stroke, termasuk diantaranya adalah kemampuan dalam berpikir, tidak mampu untuk melakukan penilaian sampai dengan masalah pada ingatan. Dengan adanya terapi atau rehabilitasi ini paling tidak dapat membantu di dalam mendapatkan kembali kemampuan tersebut, juga mengembangkan sampai dengan meningkatkan kemampuan yang penting.

4. Mencegah terjadinya depresi, memang ketika seseorang sudah terserang stroke, maka besar kemungkinan nantinya akan mudah mengalami depresi, bukan tanpa alasan. Karena sebagian banyak diantara kemampuan mereka dalam menjalani kegiatan sehari-hari juga berkurang. Merasa menjadi beban bagi keluarga karena tidak bisa melakukan kegiatan apapun seperti sedia kala dan sejenisnya. adanya terapi, khususnya adalah jenis terapi psikologi nyatanya sangat efektif untuk mencegah terjadinya depresi, mengembalikan kondisi psikologi seperti sedia kala.

5. Bisa mengurangi rasa sakit dan juga mengurangi kelumpuhan, termasuk diantaranya adalah lumpuh tidak bisa berjalan, jika kondisinya tidak terlalu parah, maka dengan adanya latihan secara terus menerus yang didampingi oleh seorang terapis, tentunya kedepannya akan membantu untuk mengurangi rasa sakit dan juga mengurangi kelumpuhan yang terjadi tersebut.

6. Meningkatkan sirkulasi darah, beberapa jenis terapi layaknya dengan pijat sangatlah efektif di dalam membantu meningkatkan aliran darah ke beberapa bagian atau daerah yang mengalami gangguan dampak dari stroke tersebut. Juga hal ini bisa membantu membuat pikiran menjadi lebih rileks dan menurunkan tekanan darah agar tetap dalam ukuran normal.

Banyak sekali bukan manfaatnya, tak heran jika dokter juga menyarankan untuk menjalani terapi selain dengan mengandalkan obat-obatan dari medis untuk mempercepat terjadinya penyembuhan pada pasien stroke meskipun hanya gejala stroke ringan saja. Ada banyak sekali diantara rumah sakit yang memang menawarkan jasa terapis untuk mengobati masalah kesehatan tersebut, bahkan juga layanan home care atau yang bisa dipanggil ke rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *