Mendefinisikan Kepemimpinan

By | April 16, 2020

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana beberapa orang tampaknya memiliki visi yang jelas tentang masa depan mereka, kemampuan untuk menetapkan dan mencapai tujuan dan mampu mempengaruhi perilaku orang lain – semuanya dengan mudah? Pernahkah Anda bertanya-tanya, “sihir” apa yang mereka ikat yang memberi mereka kekuatan seperti itu terhadap orang lain?

Itu bukan sihir, juga bukan kekuatan – itu adalah kepemimpinan; kualitas yang sulit untuk ditentukan pada saat terbaik, namun kualitas yang sangat diperlukan untuk kemajuan dalam bentuk apa pun. Tanpa itu, kita akan berkeliaran tanpa tujuan, selalu mencari cara yang lebih baik tanpa ada orang yang menunjukkan kepada kita. Memang, satu bentuk kepemimpinan, kepemimpinan mandiri, sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam hidup. Sebenarnya, kepemimpinan ada Para Pemimpin dalam setiap segi kehidupan kita; itu memberi kita inspirasi dan panduan untuk maju dan berkembang.

Mendefinisikan kepemimpinan bisa menjadi tugas yang sulit karena ada banyak pendapat tentang apa itu kepemimpinan, dan sama banyaknya pemikiran tentang bagaimana seseorang memperoleh keterampilan ini. Ada juga sejumlah gaya kepemimpinan berbeda yang menambah kebingungan ketika mencoba mengidentifikasi apa itu kepemimpinan. Warren Bennis, seorang konsultan organisasi dan pelopor dalam bidang studi kepemimpinan, dikutip mengatakan bahwa “kepemimpinan adalah kapasitas untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan”. Terlepas dari apa yang Anda yakini sebagai kepemimpinan, faktor umum di antara semua definisi adalah pemimpin itu sendiri. Dengan menentukan karakteristik pemimpin yang efektif, Anda memiliki pandangan yang jauh lebih jelas tentang kepemimpinan sebagai keterampilan.

Konsultan manajemen terkenal, Peter Drucker, pernah berkata “kepemimpinan bukanlah kepribadian yang magnetis – yang bisa juga menjadi bahasa yang fasih. Itu bukan ‘berteman dan mempengaruhi orang’ – itu sanjungan. Kepemimpinan mengangkat visi seseorang ke tingkat yang lebih tinggi. pemandangan, peningkatan kinerja seseorang ke standar yang lebih tinggi, pembangunan kepribadian di luar batas normal. ”

Dari sudut pandang organisasi, kepemimpinan yang efektif memiliki banyak manfaat; itu menciptakan tim yang lebih baik yang memberikan kinerja luar biasa, memberikan dasar penyelesaian masalah yang lebih efektif melalui kejelasan tujuan dan harapan yang jelas, memberikan kehidupan pada visi organisasi, meningkatkan fokus dan kedalaman pemahaman tentang apa yang bobby nasution dibutuhkan organisasi untuk mencapai, meningkatkan moral staf dan tingkat retensi, meningkatkan daya tarik dan kepuasan klien, dan pada akhirnya memiliki efek positif pada laba – laba. Organisasi dengan para pemimpin hebat menjadi pengusaha pilihan karena orang-orang secara alami tertarik kepada mereka berdasarkan budaya pemberdayaan mereka.

Jadi, apa yang membuat seseorang menjadi pemimpin yang hebat? Ada banyak karakteristik yang mengilhami seorang pemimpin dengan karisma dan kehadiran yang menggerakkan orang lain untuk mengikutinya. Mungkin yang paling penting adalah visi; seorang pemimpin hebat mengetahui tujuan sebelum perjalanan dimulai. Rosalynn Carter, mantan Ibu Negara Amerika Serikat mengamati bahwa “seorang pemimpin yang baik membawa orang ke tempat yang mereka inginkan, seorang pemimpin yang hebat membawa mereka ke tempat yang harus mereka tuju”. Para pemimpin hebat juga berorientasi pada tujuan dan pencapaian – mereka tidak hanya menetapkan tujuan yang selaras dengan visi mereka, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengatur rencana dalam gerak dan memanfaatkan strategi dan taktik yang efektif untuk menjadikan tujuan ini menjadi kenyataan.

Sering dikatakan bahwa para pemimpin hebat di zaman kita juga merupakan mentor dan pelatih hebat bagi mereka yang ada di sekitar mereka. Ini terutama berlaku dalam konteks organisasi bisnis modern. Dengan melibatkan orang lain dan membantu mereka menjadi pemimpin yang hebat juga. Ralph Nader adalah pendukung filosofi bahwa “fungsi kepemimpinan adalah menghasilkan lebih banyak pemimpin, bukan lebih banyak pengikut”. Ini telah terbukti sebagai strategi kepemimpinan yang efektif dalam dirinya sendiri dan dicontohkan oleh pendekatan ‘hati pelayan’ dari banyak pemimpin besar.

Ciri khas lain dari para pemimpin bisnis hebat adalah keingintahuan bawaan dan abadi tentang orang-orang dan dunia di sekitar mereka. Ditambah dengan ini adalah perilaku positif mereka seperti beroperasi pada penyebab – di mana mereka tahu bahwa sementara mereka mungkin tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi, mereka dapat mengontrol bagaimana mereka merespons dalam situasi apa pun.

Para pemimpin besar dicirikan oleh kesediaan mereka untuk menonjol dari kerumunan, bahkan untuk berdiri sendiri jika perlu untuk bergerak maju (para pemimpin tidak membutuhkan pengikut, mereka diikuti). Para pemimpin memberdayakan, memotivasi, mereka ‘berjalan bicara’ 100% 24/7/52 dan otentik – tanpa kecuali selaras dengan prinsip, nilai, dan kepercayaan mereka.

Mungkin sifat pemimpin yang terbesar adalah integritas mereka, kemampuan untuk menginspirasi orang lain dan berkomunikasi di semua tingkatan. Akhirnya, seorang pemimpin besar hidup dengan berani – keberanian dan keberanian adalah ciri khas banyak pemimpin besar.

Paul Bryce adalah konsultan kepemimpinan yang sangat dihormati yang mengkhususkan diri dalam pelatihan manajemen dan eksekutif di Cobalt ([http://www.cobaltcoaching.com.au]). Paul juga dapat didengar di berbagai podcast berbicara tentang masalah kepemimpinan dan manajemen serta memiliki sejumlah artikel yang diterbitkan.

Cobalt Coaching bekerja dengan eksekutif senior dan menengah, manajer dan profesional bisnis di semua tingkat kepemimpinan. Proses pelatihan kami dirancang untuk membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan yang ada dan mengadopsi strategi yang diperlukan untuk menjadi seefektif dan sesukses mungkin.

Proses pelatihan kami mengakui dan memberikan pelatihan yang sangat fleksibel dan unik yang sepenuhnya tergantung pada klien. Pendekatan yang disesuaikan sangat penting untuk keberhasilan program pelatihan. Kami melihat pembinaan sebagai alat pengembangan yang kuat dan efektif untuk memfasilitasi pengembangan kepemimpinan pemimpin organisasi dan pemimpin masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *